Selasa, 26 Mei 2009

"Nglinting"


Zaman Modern, hampir semuanya serba praktis. Kadang kita lupa dengan yang namanya "proses". Proses kehidupan yang berawal dari angan menjadi mimpi, dari mimpi menjadi harapan. Lalu apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan mimpi dan harapan agar menjadi sebuah kenyataan?
Dari satu sudut pandang yang sangat sempit kita melihat ke belakang, berbalik badan merundukkan mata ke bawah. Di sana akan kita temukan sebuah budaya kecil yang hampir hilang termakan zaman. "nglinting", kata sederhana dari bahasa Jawa yang artinya membuat rokok secara manual. Budaya nglinting sangat populer di Pedesaan dan Pegunungan. Banyak orang gengsi dengan yang namanya nglinting, apalagi sekarang zamannya bukan lagi nglinting tapi beli rokok dengan uang.
Bagi saya nglinting adalah salah satu dari banyak budaya yang ada di Indonesia, tapi saya belum tahu apakah itu budaya negatif atau positif, yang pasti persepsi secara individual saja.
Kita sebagai WNI pastinya harus melestarikan budaya yang ada, salah satunya adalah nglinting.
Memang "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN". Itu semua bisa kita cegah dengan banyak cara salah satunya Olah Raga, mengimbangi dengan makan dan minum sehat, semuanya serba tertib, rutin, sehat menyehatkan.
Saat ini Nusantara kita sadar atau belum sadar sedang di jajah melalui banyak aspek. Dari Internal maupun Eksternal. Kita sebagai anak Bangsa seharusnya melawan dan mempertahankan Tanah Air, terutama dalam aspek Seni dan Budaya. Budaya nglinting itulah salah satunya, kecil tapi berat. Jangan bergantung pada pihak asing yang selalu punya misi-misi tertentu. Ketergantungan yang ada harus kita lenyapkan dari dalam otak kita.
Kita mempunyai SDA yang melimpah ruah, hanya perlu memoles sedikit SDMnya saja.
Pertanyaan ini akan datang dan akan di pertanyakan 50 atau 100 Tahun lagi.
"Masihkah aku hidup di Indonesia?, Masihkah bernama Indonesia?, dsb." Banyak pertanyaan yang akan menghampiri kalian semua.
Secuil kalimat masih tersimpan di sistem kognitif ini. Pertanyaan; Positif atau Negatifkah jika "nglinting" tetap menjadi budaya di indonesia?, berikan alasannya!

3 komentar:

  1. ngeliting padune le ora duwe duit...

    BalasHapus
  2. Emang bener,,,makane kita sebagai WNI harus mempertahankan Budaya kita tercinta,yaitu budaya nglinting.
    Tapi kadang telake gatal je dadian,tapi gpp itulah proses, tembakau dan garet menjadi saksi bisu proses kita semua para smoker.
    Budayakan juga Ndembik2, piye Gemenuh ta?hahaha,
    Abunawas Ngentutan...

    BalasHapus
  3. stop udud stop nglinting!!! serahakn nglinting kepada yang berwajib,

    BalasHapus